General
Casual
64

Merintis karir seorang jurnalis






  02-Aug-2022 16:32:02



Sore semuanya

Saya adalah seorang jurnalis baru baru ini 2 bulan yang lalu, saat ini saya sudah bekerja di perusahaan **** saya telah menemukan konten seputar jurnalis disini dan saya memiliki sebuah pertanyaan seorang jurnalis merupakan pekerjaan yang sulit saya pribadi menjadi seorang jurnalis memiliki rasa waspada ketika melakukan sesuatu investigasi di dalam kasus dilakukan. Walaupun ada perlindungan hukum dari perusahaan dan UU di Indonesia tetapi saya masih cukup waspada terhadap ini, saya telah membaca banyak sekali thread postingan di Twitter yang sedang ramai saat ini, seseorang di doxing  hingga keluarga, hal ini sangat mengganggu, saya telaah lebih lanjut saya menemukan ini https://trace.mu/  pegiat aktivis dan jurnalis akan dibantu serta dilindungi. Jika saya ingin menjadi jurnalis yang sulit untuk di doxing bagaiamana caranya? Saya pribadi masih awam permasalahan seperti ini jujurly saya sangat takut dengan ancaman seperti ini saya memiliki cita cita menjadi seorang jurnalis dan syukur puji tuhan cita cita saya tercapai teman teman bantu saya disini untuk memberikan sebuah tips dalam ancaman siber 


Thankfull 


DISCUSSION

Doxing bisa terjadi dari beberapa hal, diantaranya : 

1. social engineering 

2. OSINT

3. Kebocoran data 

4. Sniff 

5. Bisa melalui file atau metadata  

Kalau Anda ingin aman dari ancaman siber terutama merujuk ke dalam doxing ada beberapa trik yang bisa dilakukan, tapi sebelum itu saya kurang tau secara mendalam tentang jurnalis, jadi saya akan membahas seputar doxing atau ancaman siber. Hal - hal yang perlu Anda lakukan : 

1. Kurangi berbagi hal informasi pribadi kepada publik

Mengurangi aktivitas yang bersifat pribadi terutama lingkup publik ini sangat rentan untuk mudah dicari, jadi jika Anda ingin berbagi informasi pribadi pastikan kepada orang yang dipercaya atau jangan share hal pribadi ke dalam sosial media karena ini mudah di profiling 

2. Jangan selalu mudah percaya orang lain 

Hal yang kedua adalah jangan selalu percaya pada orang lain atau orang baru dikenal, singkatnya jika ada orang yang bertanya menggali informasi secara dalam cukup Anda jawab privasi atau berikan alasan, jika masih ngeyel blok aja 

3. Perhatikan akun sosial media

Buatlah keamanan ganda pada akun sosial media yang Anda gunakan, misal jadikan privat, autentikasi 2 faktor dan lainya. Intinya amankan akun Anda jangan sampai akun Anda rentan 

4. Don't use realname di dalam sosial media

Yap, berikutnya adalah nama atau username, nama menurut saya agak mudah untuk dilakukan dalam profiling jadi ketika Anda membuat akun pastikan username jangan persis menggunakan nama asli tapi plesetin beberapa atau menggunakan nama samaran pada setiap akun sosial media

5. Laporkan jika terjadi doxing

Jika Anda telah di doxing maka langkah selanjutnya melaporkan atau meminta data - data Anda yang ada di sosial media dihapus supaya hal ini bisa hilang dari index mesin pencari seperti google, bing atau sosial media seperti facebook. Jejak digital sulit hilang ini bisa jadi data Anda tidak 100% hilang tetapi lebih baik melakukan tindakan daripada tidak sama sekali

6. Tetap aware  

Semoga bisa membantu 




Reply


02-Aug-2022 21:14:08



Oh ya jika data yang saya hapus tetapi masih ada di dalam sosial media, search engine gimana cara mengatasinya? 


Reply


03-Aug-2022 00:41:50



Hmmm kalau ini menurut saya susah, karena setiap orang sudah menkloning data atau duplikat datanya jadi susah untuk hilang, kalau untuk search engine bisa minta request content removal biar gak ke index 


Reply

Lu pernah di teror buzzer? 




Reply

Jadi buzzer berapa bayarannya yak penasaran gw




Reply

Widih ada jurnalis disini btw kalo jurnlis butuh skill apa aja emg?




Reply





07-Aug-2022 18:51:49

Cara jadi jurnalis gmn ngab gw tertarik 




Reply

Login for comment and discussion.
Login Here
Sponsored

Oppss... No sponsors yet

Popular Posts
Complete Basic Course in Kali...
Djie sam soe Djie sam soe
Linux
10077
2
Top

Gps Tracker Seccodeid Free Too...
Djie sam soe Djie sam soe
General
6142
167
Top

Free Proxy List
Sandidi Sandidi
Networking
3062
3
Top

Mass Reverse IP Unlimited
ImamWawe ImamWawe
Tools Hacking
2354
11
Top

Report McAfee Antivirus Hurrri...
Indrasp Indrasp
Windows
1696
93
Top

Related Post

Youtube Video

Subscribe